Laporan Akhir Kegiatan Magang Mandiri - Management Hutan IPB (CIFOR)


Softfile nya


Ringkasan

LAPORAN AKHIR KEGIATAN MAGANG MANDIRI

MANAJEMEN HUTAN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
DI CENTER FOR INTERNATIONAL FORESTRY RESEARCH


Pada era modern ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas dan teruji untuk menghadapi tantangan global dan mewujudkan Negara Indonesia yang mandiri dan maju. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mendidik putra bangsa yang berkualitas dan kompeten di sebuah institusi.

Ilmu kehutanan merupakan ilmu yang penting dipelajari karena menyangkut semua kehidupan komponen ekosistem dunia. Oleh karena itu, sebagai salah satu lembaga pendidikan kehutanan, Departemen Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan IPB menganjurkan para civitas akademiknya untuk melaksanakan program Magang Mandiri. Magang Mandiri merupakan salah satu program Departemen Manajemen Hutan yang ditujukan kepada seluruh mahasiswanya agar memiliki pengalaman bekerja dan siap menghadapi dunia kerja di masa mendatang. Program ini berupa suatu kegiatan ekstra kampus untuk melakukan pengamatan, pembelajaran, dan praktek disuatu instasi atau perusahaan yang berbasis kehutanan.


Melalui program ini, kami ingin mengajukan kegiatan Magang Mandiri di Center For International Forestry Research (CIFOR) yang merupakan suatu lembaga penelitian yang terkait dengan bidang kehutanan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kesediaan pada pihak CIFOR untuk membimbing kami dalam hal tersebut.


BAB III
HASIL KEGIATAN MAGANG MANDIRI



Keadaan CIFOR

Nama CIFOR merupakan singkatan dari Center for International Forestry Research. sesuai dengan namanya, CIFOR merupakan lembaga riset internasional bidang kehutanan yang berbasis di tiga regional, yakni regional Asia (berkantor pusat di Bogor, Indonesia), Afrika (berpusat di Kongo), dan Amerika Latin. Lembaga ini didirikan pada tahun 1993  dibawah sistem CGIAR (Badan Koordinasi Penelitian Pertanian Internasional) sebagai tanggapan atas kecemasan dunia akan dampak negatif dari kerusakkan dan alih fungsi hutan terhadap ekologi, sosial dan ekonomi.

CIFOR mempunyai misi agar ilmu pengetahuan dapat digunakan sebagai dasar ilmiah dalam proses pengambilan keputusan penting yang mempengaruhi pola pengelolaan hutan tropika di seluruh dunia dan masyakat yang tergantung pada keberadaan hutan.

Lahirnya CIFOR berawal dari meningkatnya kepedulian terhadap laju deforestasi serta akibatnya terhadap kondisi sosial/ekonomi masyarakat dan lingkungannya. Isu ini timbul pada saat pertemuan "Earth Summit" di Rio serta pada beberapa dialog internasional lainnya. Selanjutnya pada tahun 1993 CGIAR mendirikan CIFOR sebagai pusat penelitian yang ke–16. CGIAR ini dibentuk oleh organisasi sektor swasta dan masyarakat dengan tujuan untuk memperbaiki sistem pemanfaatan sumberdaya alam dan bidang pertanian tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan, serta upaya dalam rangka menanggulangi bahaya kelaparan dan kemiskinan yang umumnya melanda masyarakat negara berkembang. Keberadaan CIFOR dirasa penting mengingat kebutuhan dasar dan kesejahteraan jutaan orang di penjuru dunia sangat tergantung pada sumberdaya hutan, dilain pihak keberadaan hutan terancam oleh kegiatan konversi lahan untuk pertanian. 

Terjadinya perubahan paradigma di bidang kehutanan selama lebih dari dua dasawarsa ini merupakan mandat CIFOR dimana saat ini sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa hutan seharusnya tidak hanya dikelola untuk produksi kayu (timber management) melainkan menankan pula aspek keseimbangan serta pemanfaatan fungsi ganda (multi purpose forest management) sehingga dalam skala luas dapat mencerminkan nilai sosial dan mampu memenuhi permintaan masyarakat di segala sektor.


BAB IV
PROGRAM KERJA CIFOR


Download ajha lengkap laporannya, format word (tinggal copast edit)
males gwa nulisnya disiini (kalau langsung di copast berantakan soalnya)






BAB V
PENUTUP

Kegiatan magang mandiri ini telah memberikan manfaat yang nyata bagi mahasiswa dan juga bagi CIFOR terkait dengan fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Mahasiswa telah mengetahui banyak tentang CIFOR, mulai dai nama, struktur, sampai pada komunikasi lembaga yang digunakan oleh CIFOR. melalui kegiatan magang ini, CIFOR telah mempromosikan hasil-hasil riset terutama kepada mahasiswa kehutanan IPB. Pustaka Cifor bersifat terbuka bagi umum, siapapun yang hendak mencari rujukan dari hasil-hasi riset Cifor dapat langsung datang ke pustaka Cifor. Selain itu, Cifor juga menyediakan akses internet yang langsung dapat diakses secara gratis di pustaka cifor.

Kegiatan praktek magang mandiri ini telah berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi semua pihak berkat kerjasama dari berbagai pihak. Dan diharapkan  kedepannya terjalin kerjasama yang lebih baik lagi antara Cifor dengan Fakultas Kehutanan IPB, agar tantangan dan masalah-masalah lingkungan global dan terselesaikan.



Comments

Popular posts from this blog

Harga Kayu Meranti 2020

Proposal : Pembangunan Tempat Pengolahan Kayu (Sawmill) Di Sekitar Jalur Cigudeg-Leuwiliang

Penerapan AMDAL pada Pembangunan di Bidang Kehutanan